Hobi Fotografi, Menghasilkan Cuan Tersendiri

Oleh: Binti Lailatul Karomah


Hobi adalah segala macam bentuk aktivitas yang setiap orang lakukan berulang-ulang
di waktu senggang dan bukan merupakan pekerjaan utama. Untuk memilikinya, tidak perlu merencanakan terlebih dahulu hobi apakah yang akan kita gemari. Jadi, dapat dilakukan kapan saja. Terdapat banyak hobi dari yang sederhana hingga yang membutuhkan banyak biaya untuk menekuninya. Seperti hobi membaca buku, menggambar, menyanyi, memasak dan yang lainnya merupakan hobi yang sederhana. Adapun hobi yang tidak membutuhkan biaya yang sedikit seperti fotografi, menyelam, atau travelling juga banyak digemari para remaja zaman sekarang. Menikmati berbagai keindahan alam dengan pesona nya tersendiri, menjadikan para remaja maupun usia dewasa selalu tertarik dengan travelling.


Salah satu hobi yang menjadi trend saat ini adalah fotografi. Photography, salah satu
pengembangan ilmu fotografi yang mendokumentasikan segala momen, baik momen dalam acara keluarga, sekolah, kampus, dan lain-lain. Momen untuk mengabadikan keindahan alam yang berada di tempat obyek wisata, serta segala aktifitas kegiatan masyarakat lokal dengan warna kehidupan kultur dan budayanya.


Melakukan hobi itulah hal yang menyenangkan, dapat menyenangkan hati dan pikiran
tersendiri sepertinya hobi fotografi karena melihat pemandangan, berkunjung ke suatu berbagai objek wisata. Menghirup udara segar dan menikmati destinasi berbagai wisata yang ada. Mengabadikan segala momen yang ada. Perlu diingat bahwa hobi fotografi tak hanya dilakukan oleh laki-laki, namun perempuan juga dapat melakukan hobi tersebut. Hobi fotografi tak memandang gender.


Semula yang berawal dari suatu hobi, hingga menjadi suatu pekerjaan dan menghasilan uang adalah hal yang sangat menyenangkan. Tak terduga jika hobi yang dijalani sampai saat ini bisa membuat peluang pekerjaan. Di era zaman sekarang terdapat banyak destinasi wisata dengan tempat indah yang cocok untuk dijadikan spot foto semakin ramai dikunjungi. Tidak sedikit wisatawan yang memakai jasa fotografi untuk mengabadikan momen liburan mereka.


Pada zaman sekarang alat komukasi sudah lebih canggih dari pada masa lalu, sekarang informasi bisa di dapat secara cepat. Dengan demikian, fotografer memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menawarkan open jasa foto lewat medial sosial, seperti Instagram, facebook, whatsApp. Dilain hal itu, seorang Fotografer juga memiliki akun instagram yang hasil jepretan foto nya dapat dengan mudah dilihat oleh banyak orang dan bisa menimbulkan daya tarik tersediri bagi yang melihatnya. Di lain foto untuk mengabadikan momen berkunjung ke suatu wisata, para penikmat jasa fotografi juga memanfaatkan tempat wisata alam untuk foto pre-wedding.

Foto pre-wedding tak hanya di lakukan di dalam studio, foto pre-wedding bisa out dour, seperti di jalan raya, jembatan, tempat wisata, kadang bisa jadi foto tersebut dilakukan disebelah rumah seperti sawah, perkebunan, dan lain-lain. Yang terpenting dala foto tersebut adalah kostum, gaya dari orang yang foto pre-wedding, dan skill fotografer dalam mengambil foto tersebut. Lensa yang dipakai dalam pre-wedding juga juga berbeda dengan lensa yang di pakai dalam moment-moment yang lain nya.

Memiliki hobi yang dibayar memang sangat menyenangkan, bukan?
Seorang photographer sangat boleh memamerkan karyanya di media sosial jika tidak ada yang dirugikan. Bagaimana tidak, jepretan yang mereka bagikan di media sosial mengundang banyak wisatawan yang berkunjung, namun terkadang wisatawan bertingkah merugikan alam seperti membuang sampah sembarangan di tempat wisata alam terbuka. Tentunya bukan menjadi kesalahan sang fotografer, tetapi bagaimana tiap individu itu sendiri menjaga sikap. Dengan adanya photographer, malahan kita dapat mengetahui betapa indah alam semesta khususnya di Indonesia. Seorang fotografer sendiri memiliki kode etik fotografi salah satunya yaitu tidak merugikan subjek atau objek yang difoto.

Karya Mahasiswa PBI UNU Blitar angkatan 2019

Nama : Binti Lailatul Karomah
Kelas : 6B PBI
NIM : 1988201045
UAS : Jurnalistik

Leave a Reply

Your email address will not be published.