Ketika Fasilitas Jalan Terabaikan

Oleh: Nina Yusnia Ria Safitri

Fasilitas umum merupakan sarana prasarana yang disedikan oleh pemerintah yang digunakan untuk kepentingan Bersama dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. salah satu dari fasilitas umum tersebut ialah jalan raya. Jalan menjadi kebutuhan penting bagi manusia sebagai alat untuk melaksanakan aktivitas, jalan adalah salah satu akses menuju tempat yang kita inginkan. Tahukah anda dampak apabila jalan raya rusak dan tidak segera mendapat perbaikan? Khususnya di daerah kota Blitar tepatnya di daerah kabupaten terdapat banyak sekali jalan yang rusak dan tidak mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

Jalan raya yang rusak tersebut didominasi oleh jalan yang berlubang serta jalan raya yang sudah hilang aspalnya sehingga kerusakannya sudah total. Semakin meningkatnya kendaraan yang bermuatan berat, semakin bertambah pula kerusakan yang terjadi. Bayangkan apakah kita nyaman setiap hari harus melewati jalanan yang rusak atau berlubang tersebut! Sudah pasti kita akan merasa tidak nyaman dengan keadaan jalan raya yang mengalami rusak parah, ada banyak kerugian yang harus kita terima Ketika kita melewati jalanan tersebut, yaitu perjalanan yang kita tempuh akan terhambat serta arus lalu lintas akan menjadi lambat, selanjutnya kerugian yang kita terima lainnya ialah onderdeal kendaraan kita pun akan mudah rusak.

Kerugian ini akan terus kita rasakan jika jalanan tersebut tidak segera mendapat perbaikan dan dibiarkan tetap rusak ataupun berlubang. Ketika musim hujan, jalanan yang berlubang akan tertutup oleh genangan air, hal tersebut akan menjadikan pengendara yang tidak memahami kondisi jalan terjatuh. Dengan kondisi jalan yang rusak seperti ini kita harus pandai memilih dan memilah dalam melewati ranjau tersebut. Jalanan yang rusak dan berlubang pun merupakan tantangan serta rintangan bagi pengendara karena dapat berujung pada maut, angka kecelakaan yang disebabkan oleh rusaknya jalan kini semakin meningkat.

Sebenarnya tidak jarang warga masyarakat sekitar jalanan rusak tersebut melakukan perbaikan dengan tambal sulam, akan tetapi kegiatan tersebut tidak memberikan dampak yang baik secara lama, satu hingga dua bulan jalanan tersebut kembali rusak bahkan bisa jadi kerusakan yang diderita semakin parah. Melihat upaya yang dilakukan oleh masyarakat tersehut harusnya pemerintah daerah terketuk hatinya untuk segera memberi perbaikan agar aktivitas masyarakat tidak terhambat oleh kerusakan jalan yang parah.

Alahkah baiknya jika pemerintah meninjau jalanan yang ada di sekitarnya agar mereka megetahui bagaimana kondisi jalan di daerah sekitarnya. Keadaan jalan yang rusak juga akan mempengaruhi aktivitas masyarakat yang akan bepergian baik it uke kota mereka sendiri atau masyarakat yang berasal dari luar kota yang menuju kota Blitar. Dengan kondisi jalanan yang baik, maka pengunjung atau pengendara tidak lagi merasa tidak nyaman atau merasa khawatir terlambat ke tempat tujuan mereka jika melewati jalanan tersebut.

Partisipasi dan perhatian pemerintah kini menjadi hal yang sangat dinantikan oleh masyarakat agar keadaan jalanan yang rusak segera diperbaiki. Masyarakat yang sering kali melakukan tambal sulam pun semakin kebingunan dengan keadaan jalan yang seperti itu, mereka sering mengadakan amal seiklasnya untuk perbaiakan jalanan tersebut akan tetapi hal tersebut hanya bertahan sebentar, setelah dilewati oleh kendaraan yang bermuatan berat serta ditimpa musim penghujan tambalan jalan tersebut akan hilang dan mengelupas terbawa air hujan yang mengalir.

 Apakah kita mau seumur hidup melewati atau menggunakan jalanan yang rusak? Menurut saya tentulah tidak, kita akan memilih jalanan yang tidak mengalami kerusakan dan tidak menghambat perjalanan. Dengan begitu kita tidak akan mengkhawatirkan keselamatan kita ketita dalam perjalanan. Oleh karena itu, peran pemerintah dalam mengatasi masalah ini sangatlah penting dan pemerintah harus segera melakukan hal yang semestinya dilakukan serta melkukan tindak lanjut terkait dengan kerusakan jalan yang terjadi. Setelah pemerintah melakukan Tindakan perbaikan sebagai masyarakat yang baik kita harus bisa menjaga dan mendukung agar jalanan tidak cepat mengalami kerusakan.

Pada akhirnya Ketika jalanan tidak mengalami kerusakan aktivitas masyarakat tidak lagi terhambat serta akan berkendara dengan nyaman, tidak perlu mengambil jalur dari arah berlawanan untuk mendapatkan jalan yang baik. Dengan begitu keselamatan masyarakat akan terjamin asal masyarakat juga berhati-hati dalam berkendara.

Karya Mahasiswa PBI UNU Blitar angkatan 2019

Nama : Nina Yusnia Ria Safitri

NIM : 1988201102

UAS : Jurnalistik

Leave a Reply

Your email address will not be published.